PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERVARIATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU DI SDN 113 PEKANBARU
Abstract
Hasil observasi penulis di SDN 113 Pekanbaru diketahui bahwa sebagian besar guru-guru di dalam mengajar lebih cenderung menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa menjadi lebih cepat bosan di dalam mengikuti proses pembelajaran. Hanya sebagian kecil guru yang menggunakan media pembelajaran di dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Untuk itu diperlukan suatu usaha untuk meningkatkan kompetensi guru di dalam mengajar salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang bervariatif. Penggunaan media pembelajaran yang bervariatif ini dapat menciptakan suasana pembelajaran efektif dan disukai oleh siswa juga dapat meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini telah dilakukan di SDN 113 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017 bulan September-Oktober 2016. Subjek penelitian tindakan sekolah ini dilakukan pada guru SDN 113 Pekanbaru dengan jumlah sampel 10 orang guru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan penerapan program pembinaan kedisiplinan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang bervariatif dapat meningkatkan kompetensi mengajar guru di SDN 113 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I penggunaan media pembelajaran oleh guru mencapai 74%. Pada siklus II penggunaan media pembelajaran oleh guru mencapai 88%.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3603
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.