PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY MENGGUNAKAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Yanti Refita

Abstract


Penelitian ini membahas hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 3 Dumai. Ditemukan bahwa hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX-1 yang  sangat rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang inovatif. Salah satunya adalah metode pembelajaran guided inquiry  dengan manggunakan handout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran guided inquiry  dengan manggunakan handout dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 3 Dumai tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX-1 SMP Negeri 3 Dumai. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMPN 3 Dumai dengan jumlah siswa 31 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi inkuiri. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menjadi lebih baik melalui penerapan penerapan metode pembelajaran guided inquiry  dengan manggunakan handout dibandingkan dengan pembelajaran yang konvensional. Hasil belajar sebelum PTK nilai daya serap siswa sebesar 68.7, setelah PTK pada siklus I sebesar 76.7, setelah PTK siklus II sebesar 83.5. Ketuntasan belajar siswa sebelum PTK sebesar 20 orang siswa (64.5%), pada siklus I sebesar 27 orang siswa (87.1%), dan pada siklus II sebesar 30 orang siswa (96.7%). Terbukti bahwa penerapan metode pembelajaran guided inquiry  dengan manggunakan handout dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 3 Dumai tahun ajaran 2015/2016.


Keywords


Guided inquiry, Handout, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter