PELAKSANAAN IN HOUSE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Salah satu yang menunjang keberhasilan guru di dalam proses pembelajaran adalah ketersediaan perangkat pembelajaran yang dimiliki oleh guru. Berdasarkan hasil observasi peneliti pada guru-guru di SMPN 32 Pekanbaru, diketahui bahwa masih banyak guru-guru yang masih kesulitan di dalam menyelesaikan perangkat pembelajaran, terutama Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini telah dilakukan di SMPN 32 Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016 bulan Januari-Februari 2016. Subjek penelitian tindakan sekolah ini dilakukan pada guru-guru SMP Negeri 32 Pekanbaru dengan jumlah sampel 10 orang guru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan pelaksanaan in house training. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan in house training dapat meningkatkan kompetensi guru di dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di smp negeri 32 pekanbaru tahun pelajaran 2015/2016. Pada siklus I kompetensi guru di dalam menyusun RPP adalah 71.3 dengan 50% guru yang telah dapat menyusun RPP dengan baik dan benar. Pada siklus II kompetensi guru di dalam menyusun RPP adalah 87.8 dengan 100% guru yang telah dapat menyusun RPP dengan baik dan benar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3054
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.