METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Wandy Wandy

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Tapung tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 26 orang kelas VIII-A SMP Negeri 3 Tapung tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini adalah dengan melaksanakan tes dan melakukan observasi aktivitas guru serta observasi aktivitas siswa pada setiap siklus. Analisis data dalam penelitian ini adalah secara statistik dan deskriptif. Hasil dari penerapan metode pembelajaran make a match yaitu sebelum PTK hanya 66.7% siswa yang mencapai KKM dengan rata-rata kelas 75, pada siklus meningkat menjadi 88.9% dengan rata-rata kelas 83.1 dan pada siklus II mencapai 97.2% siswa yang mencapai KKM dengan rata-rata kelas 88.1

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter