METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penerapan suatu metode dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan, karena dengan adanya metode dalam proses tersebut, akan membuat siswa lebih tertarik dan termotivasi mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung, salah satunya adalah metode diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari metode diskusi yang dilakukan dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 002 Muara Lembu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana jenis dari penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat di tarik kesimpulan bahwa metode diskusi dalam mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 002 Muara Lembu, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi dengan ketuntasan hasil belajar sisiwa pada siklus I dan siklus II dari 25 siswa dengan hasil yang tuntas belajarnya sudah tuntas atau 75% sudah memahami materi pelajaran Matematika, jadi setiap siklus.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i3.2667
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.