HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

israti israti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan kinematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA2SMAN 1 Kuantan Mudik tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 42 orang siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian berupa soal tes hasil belajar. Tes diberikan kepada siswa setelah proses pembelajaran fisika selesai dilakukan. Dalam menganalisis data, digunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi daya serap, efektifitas pembelajaran, ketuntasan belajar, ketuntasan deskriptor, penilaian afektif dan penilaian psikomotor. Hasil analisis data menunjukkan daya serap siswa rata-rata adalah 70,34% dengan kategori baik. Efektifitas pembelajaran 70,34% dengan kategori kurang efektif. Ketuntasan belajar siswa 66,67% dan ketuntasan deskriptor 62,5% dengan kategori tidak tuntas. Untuk penilaian afektif dikategorikan cukup baik (61,90 %) dan penilaian psikomotor dapat dilihat pada tabel 17 yang dikategorikan baik sekali (45,23 %).


Keywords


Hasil Belajar, Kepala Bernomor Terstruktur

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i3.2656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter