PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTURAL TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas VIII4 SMP Negeri 1 Kuantan Mudik pada meteri pokok prisma dan limas. Permasalahan hasil belajar siswa selalu rendah, hal ini disebabkan karena guru hanya aktif memberikan informasi saja dan kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan siswa lain sehingga siswa kurang berpatisipasi dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat, sehingga suasana dalam kelas menjadi tidak hidup. Penulis melakukan satu tindakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan 8 kali pertemuan. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menghitung luas permukaan dan volume prisma dan limas melalui penerapan model pembelajaran kooperatif struktural teknik TSTS dilakukan tes. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif struktural teknik TSTS mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi prisma dan limas. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas dan hasil belajar siswa setiap siklus. Pada siklus satu rata-rata kelas 62,32. Pada siklus kedua menjadi 67,14. Dan jumlah siswa yang tuntas pada siklus pertama berjumlah 22 oarang atau 78,57% dan pada siklus dua meningkat menjadi 24 orang atau 85,71% dari 28 orang siswa. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif struktural teknik Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII4 SMP Negeri 1 Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi dapat diterima.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i3.2653
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.