USAHA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA MODEL JIGSAW

ELPA SASWITA

Abstract


Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional sehingga memerlukan upaya untuk memenuhi tuntutan kurikulum. Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajran bahasa Indonesia dilakukan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dari hasil penelitian aktivitas siswa meningkat dari 68% menjadi 74,28% pada siklus kedua dan menjadi 85% pada siklus ketiga. Sementara itu hasil ulangan harian ke satu (sebelum menggunakan pembelajran kooperatif tipe jigsaw) menjadi 69,88 pada ulangan harian kedua menjadi rata-rata 85,74 pada ulangan harian ketiga (setelah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw). Dengan demikian pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IX1 SMP Negeri Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singngi dapat diterima.


Keywords


Aktivitas Belajar, Bahasa Indonesia, Jigsaw

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i2.2412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter