PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BILANGAN BULAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiaragarajan, Semmel, dan Semmel yang telah dimodifikasi sehingga hanya memuat 3 model pengembangan yaitu; (1) Define (Pendepenisian); (2) Design (Perancangan); dan (3) Develop (Pengembangan). Uji coba dilakukan pada kelompok kecil yaitu siswa kelas VII SMPN 2 Kuantan Mudik dengan 7 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi RPP dan LAS, dan lembar keterbacaan dari respon siswa. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis PBL pada materi Bilangan Bulat di kelas VII SMPN 2 Kuantan Mudik yang valid. Hasil validasi menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dengan persentase validitas untuk RPP 78,30% dengan kategori cukup valid dan LAS 75,67 % dengan kategori cukup valid. Selanjutnya hasil keterbacaan diperoleh dari respon siswa sebesar 94,99% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini telah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning (PBL) pada materi bilangan bulat di kelas VII SMPN 2 Kuantan Mudik yang valid.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i2.2409
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.