HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUANTAN MUDIK
Abstract
Penelitian Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kuantan Mudik Tahun Pelajaran 2009/2010 bertujuan untuk mengetahui profil konsep diri siswa, gambaran umum prestasi belajar siswa, dan hubungan signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (konsep diri siswa) dengan variabel terikat (prestasi belajar). Asumsi penelitian bahwa konsep diri, prestasi belajar setiap siswa bervariasi yang diukur dan diidentifikasi dengan indikatornya menggunakan alat ukur yang dikembangkan oleh Anwar Sutoyo. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuantan Mudik yang berjumlah 75 siswa sedangkan sampel penelitian (sampel jenuh). Metode yang digunakan adalah korelasional. Hasil penelitian diperoleh gambaran konsep diri siswa secara umum berada dalam kategori sedang yaitu 77.3 %. Prestasi belajar siswa berada dalam kategori sedang yaitu 85.33 %. Uji korelasi produk momet diperoleh hasil Rxy 0.84, angka korelasi ini menunjukkan korelasi positif yang signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i2.2401
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.