Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual (CTL) pada Siswa Sekolah Dasar

* Risnayati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN 005 Teberau Panjang Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016, yaitu dari bulan Juli sampai dengan bulan September 2015. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II untuk setiap indikatornya. Sedangkan untuk hasil belajar juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 32 orang siswa hanya 21 siswa (65,6%) yang tuntas sedangkan 11 orang siswa (34,4%) siswa yang belum tuntas. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan bahwa dari 32 orang siswa ada 28 siswa (87,5%) yang tuntas sedangkan 4 orang siswa (12,5%) siswa yang belum tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II terjadi peningkatan dari hasil belajar pada siklus I. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Penerapan pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 005 Teberau Panjang Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi

Keywords


Pendekatan Kontekstual (CTL), Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter