Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

* Tarwan

Abstract


Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi pada tanggal 2 Oktober 2012 sampai dengan tanggal 31 Oktober 2012. Siswa berjumlah 26 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Dari data hasil rentang nilai dan kategorosasi didapatkan dari analisis data sebelum perbaikan pembelajaran jumlah siswa yang menguasai materi pelajaran berkisar 12 siswa dan sebagian besar siswa belum dapat menguasai materi pembelajaran namun setelah penerapan metode demonstrasi pada siklus I dan II maka didapatlah data yang menunjukkan keberhasilan guru dalam menyampaikan pembelajaran. Pada siklus I adanya peningkatan menjadi 21 siswa dan 5 orang siswa yang belum mencapai batas ketuntasan sedangkan dari siklus 2 sudah mencapai 25 orang siswa yang nilainya diatas satandar KKM dan masih ada 1 orang siswa yang belum mencapai nilai diatas standar. Hasil analisis evaluasi perbaikan pembelajaran pada siklus 2 didapatkan 24 orang siswa atau 96% siswa mendapat skor nilai KKM 60 sampai 100, hal ini menunjukkan suatu peningkatan prestasi belajar siswa yang cukup berarti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Keywords


Demonstrasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter