Pentingnya Penggunaan Media Terhadap Pembelajaran IPA dan IPS di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya penggunaan media dalam proses belajar mengajar untuk mencapai hasil yang maksimum dalam pembelajaran IPA dan IPS kelas II SD Negeri 007 Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilakukan di kelas II SD Negeri 007 Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi dengan subjek penelitian siswa yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan pada tanggal 02 Maret 2009 sampai dengan tanggal 19 Maret 2009. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa hasil belajar siswa selalu mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya sehingga jumlah siswa mencapai nilai diatas KKM semakin meningkat. Pada pembelajaran IPA jumlah siswa yang tuntas pada data awal hanya 7 orang siswa, pada siklus I meningkt menjadi 8 orang siswa dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 13 orang dari 15 siswa secara keseluruhan. Pada pembelajaran IPs jumlah siswa yang tuntas pada data awal hanya 8 orang siswa, pada siklus I meningkt menjadi 11 orang siswa dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 14 orang dari 15 siswa secara keseluruhan. Dengan meningkatnya perolehan nilai yang diperoleh siswa maka nilai rata-rata siswa pun semakin meningkat. Dengan hasil peningkatan nilai belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran sangat penting dan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA dan IPS pada siswa kelas II SD Negeri 007 Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi
Keywords
Media Pembelajaran, Hasil Belajar, IPA, IPS
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10260
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.