Penggunaan LKS Dapat Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan agar proses pembelajaran lebih bermakna dan bermanfaat bagi siswa serta untuk menentukan sejauh mana siswa memahami tujuan pembelajaran secara klasikal. Penelitian perbaikan pembelajaran ini subjeknya kelas III SD Negeri Sungai Paku Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian jumlah siswa yang mendapat nilai diatas KKM semakin meningkat dari siklus I, siklus II dan siklus III. Pada mata pelajaran Matematika siklus I jumlah siswa yang tuntas hanya 12 siswa, pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 21 siswa. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I jumlah siswa yang tuntas hanya 6 siswa, pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 18 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas III SD Negeri 003 Sungai Paku Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi
Keywords
LKS, Partisipasi, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.