Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar

* Darlina

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujun untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 013 Sukamaju pada tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik dalam bentuk tes hasil belajar. Data tentang aktivitas siswa dan guru dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai siswa semakin meningkat setelah dilakukan perbaikan pembelajaran. Pada data awal ada 15 orang siswa yang belum mencapai KKM, pada siklus I menurun menjadi 11 orang siswa dan pada siklus II terjadi penurunan kembali menjadi 5 orang siswa. Dengan menurunnya jumlah siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM maka jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM akan semakin meningkat. Oleh sebab itu nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 013 Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir tahun pelajaran 2008/2009 pada materi pokok operasi hitung pecahan

Keywords


Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter