Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Perkalian Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa

* Refnita

Abstract


Dalam kegiatan pembelajaran hal yang sangat menjadi dasar seorang guru adalah bagaimana cara meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan perkalian dengan metode demonstrasi pada siswa kelas II SD Negeri 018 Sungai Buluh Tahun pelajaran 2016/2017. Kegiatan pembelajaran Matematika yang terjadi di kelas II SD Negeri 018 Sungai Buluh masih kurang maksimal sehingga hasil belajar siswa belum memadai karena dari jumlah siswa 30 orang siswa hanya 9 siswa yang nilainya mencapai KKM yaitu 70. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada pokok bahasan perkalian dengan menerapkan metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan di kelas II SD Negeri 018 Sungai Buluh pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Kegiatan penelitian dilaksanakan melalui dua siklus. Pada kegiatan pembelajaran siklus I siswa yang nilainya mencapai KKM adalah 22 orang siswa dari 30 siswa atau 73,33%. Pada kegiatan pembelajaran siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan yaitu sebanyak 28 siswa dari 30 siswa atau 90%. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar matematikapokok bahasan perkalian dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar terutama pada siswa kelas II SD Negeri 018 Sungai Buluh tahun pelajaran 2016/2017

Keywords


Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Matematika

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter