Penerapan Metode Latihan pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan penggunaan Metode Latihan pada siswa IV SD Negeri 006 Sari Makmur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Subjek dalam penelitian perbaikan kemampuan propesional ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 006 Sari Makmur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Dengan jumlah siswa 20 orang, dengan 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada data awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa hanya 55 dan pada siklus pertama meningkat hingga memperoleh nilai rata-rata 60 dan setelah siklus ke II meingkat hingga 64. pada data awal siswa yang mencapai ketuntasan hanya 50% dan pada siklus ke I meningkat telah mencapai 70% dan ketuntasan kelas pada siklus kedua mencapai 80% dari 20 siswaBerdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan Metode Latihan adalah sebagai berikut “Penggunaan Metode Latihan yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas Kelas IV SD Negeri 006 Sari Makmur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan
Keywords
Metode Latihan, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10251
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.