Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran IPA di SDN 006 Sari Makmur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan masih belum dilaksanakan sepenuhnya sesuai dengan tuntutan KTSP, hal ini menyebabkan hasil belajar rendah dan tidak mencapai KKM. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 006 Sari Makmur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan kelas V SDN 006 Sari Makmur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan, pada semester Ganjil (1) bulan april s/d juni 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 006 Sari Makmur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 perempuan. Setelah dilaksanakan penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share hasil belajar siswa lebih tinggi dari pada sebelumnya. Hasil belajar yang Dianalisis adalah nilai rata-rata, ketuntasan individu dan klasikal. Peningkatan hasil belajar dari skor dasar ke siklus I dari rata-rata 62,29 menjadi 70,20 dengan peningkatan sebesar 12,69%. Sedangkan dari skor dasar ke siklus II meningkat sebesar 35,10% dari 62,29 menjadi 84,16. Ketuntasan klasikal juga meningkat dan mencapai KKM. Berdasarkan hasil analisa data, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 006 Sari Makmur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Peningkatan hasil belajar terlihat pada nilai rata-rata, aktifitas guru juga mengalami peningkatan
Keywords
Think Pair Share, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10250
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.