Penerapan Pembelajaran Kolaboratif dengan Menggunakan Handout untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn pada Siswa

* Nofridawati

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif dengan menggunakan handout dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa kelas VIII-2 SMP Babussalam Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-2 SMP Babussalam Pekanbaru pada semester genap tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dimulai dari bulan Februari 2018 sampai dengan bulan Maret 2018. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa putri kelas VIII-2 SMP Babussalam Pekanbaru. Jumlah siswa putri 23 orang. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar PPKn pada siswa kelas VIII-2 SMP Babussalam Pekanbaru dengan penerapan pembelajaran kolaboratif dengan menggunakan handout. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan pembelajaran kolaboratif dengan menggunakan handout dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa kelas VIII-2 SMP Babussalam Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 rata-rata kelas adalah 80.4 dengan kategori cukup dan pertemuan 2 rata-rata kelas adalah 82.2 dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 3 rata-rata kelas adalah 84.8 dengan kategori baik dan pertemuan 4 rata-rata kelas adalah 87.8 dengan kategori baik

Keywords


Pembelajaran Kolaboratif, Handout, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter