Pemberian Reward untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dalam Mengajar di Kelas di SLB Negeri Rokan Hulu
Abstract
Permasalahan pendidikan merupakan permasalah yang terus berkembang dan merupakan permasalahan yang harus di tanggulangi dengan cepat dan tepat, diantara masalah-masalah tersebut adalah kurangnya kedisiplinan guru-guru dalam mengajar. Fakta yang terjadi dilapangan banyak guru yang tidak disiplin, kurangnya kedisiplinan guru dalam mengajar di kelas, fakta ini salah satunya di jumpai di SLB Negeri Rokan Hulu. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisipilinan guru dalam mengajar di kelas melalui pemberian reward di SLB Negeri Rokan Hulu. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah, PTS ini dilakukan pada 2 siklus. Pada penelitian ini peneliti menetapkan indikator keberhasilan tindakan sebesar 75% (Guru yang disiplin mengajar di kelas sebanyak 75%). Dari hasil pengamatan di Siklus I didapat persentase guru yang disiplin sebesar 23,07% sedangkan dari hasil pengamatan di Siklus II didapat persentase guru yang disiplin sebesar 76.93%, melebihi indikator keberhasilan sebesar 75%. Setelah melakukan Siklus I dan Siklus II didapat Persentase kenaikan jumlah guru yang datang kurang dari 10 menit sebanyak 53.86%. Yang pada awalnya hanya 23.07% maka setelah melakukan siklus II jumlah guru yang datang kurang dari 10 menit menjadi 76.93%. Karena terjadi peningkatan yang cukup signifikan maka dapat disimpulkan bahwa pemberian Reward dapat meningkatkan kedisiplinan guru dalam mengajar di kelas di SLB Negeri Rokan Hulu
Keywords
Reward, Kedisiplinan, Guru
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10248
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.