Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Langsung pada Siswa

* Iriani

Abstract


Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Penelitian ini dilakukan di Kelas I SDN 017 Sorek Satu Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Tahun 2017 dengan jmlah siswa 34 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 17 perempuan dengan kemampuan yang hitrogen. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan teknik test. Berdasarkan hasil belajar matematika pada ulangan harian I dan ulangan harian II jumlah siswa yang memperoleh nilai rendah pada rentang 40-59 terjadi penurunan dan terjadinya peningkatan jumlah siswa yang memperoleh nilai pada rentang 60-100. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika untuk siswa Kelas I SDN 017 Sorek Satu Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Tahun 2017 dengan penerapan pembelajaran langsung lebih meningkat dari sebelum tindakan

Keywords


Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, Matematika

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter