Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Melalui Strategi Delivery yang Beroreantasi pada Tujuan Siswa
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VI SD Negeri 007 Kampung Baru Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VI dalam pembelajaran PKn. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri 007 Kampung Baru Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan melalui strategi delivery yang berorientasi pada tujuan. Penelitian dilakukan dalam dalam dua siklus yang terdiri dari empat rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam satu siklus berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri 007 Kampung Baru Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar PKn siswa dari sebelum dilakukan tindakan ke siklus ke I dan dari siklus ke I ke siklus ke II. Sebelum dilakukan tindakan siswa yang mencapai ketuntasan belajar PKn hanya 15 orang siswa (50%) dan setelah siklus ke I meningkat hingga mencapai (83%) dan setelah siklus ke II meningkat lagi hingga (93%). Siswa yang memperoleh nilai rendah, nilai di bawah KKM tau siswa yang belum mencapi ketuntasan belajar. Sebelum dilakukan tindakan ada 15 orang siswa (50%) dan setelah dilakukan tindakan menurun hingga tinggal 5 orang siswa (17%), setelah dilakukan tindaka siklus ke II menurun lagi hingga tinggal 2 orang siswa (7%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Delivery yang beroreantasi pada tujuan dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa SD Negeri 007 Kampung Baru Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan
Keywords
Strategi Pembelajaran Delivery, Hasil Belajar, PKn
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10232
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.