Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Startegi Learning Cycle pada Siswa

Megawati Megawati

Abstract


Judul penelitian ini adalah Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Strategi Learning Cycle pada Siswa Kelas III SDN 010 Sari Mulya. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan melalui strategi learning cycle. Minat belajar merupakan hal yang sangat penting dalam suatu pembelajaran karena semakin tinggi minat seorang siswa dalam mengikuti pembelajaran maka aktivitas siswa akan semakin meningkat dan dengan meningkatnyaaktivitas siswa maka hasil pembelajaran yang dicapai akan semakin meningkat. Dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas III SDN 010 Sari Mulya maka peneliti ingin menerapkan model pembelajaran learning cycle. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas III SDN 010 Sari Mulya Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahawa terjadi peningkatan aktivitas yang dilakukan guru. Pada siklus pertama dalam pelaksanaan pembelajaran pertemuan pertama dengan persentase 40% setelah pertemuan kedua dengan persentase 55%. Siklus ke II meningkat pada pertemuan ke 3 dengan persentase 75% dan setelah pertemuan keempat terlaksana 80%. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus pertama pertemuan pertama dengan persentase keatifan siswa mencapai 40% dan pada pertemuan kedua mencapai 55%. Sedangkan pada siklus ke II ktivitas siswa meningkat pada pertemuan ke 3 dengan persentase 65% dan pertemuan ke 4 mencapai 80%. Minat belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I pertemuan perama dengan persentase 59% dan pada pertemuan kedua 68% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama minata belajar siswa 75% dan pada pertemuan kedua 80%. Hal ini menunjukkan bahawa melalui strategi learning cycle mampu meningkatkan minta siswa dalam belajar Pancasila dan Kewarganegaraan di SDN 010 Sari Mulya

Keywords


Learning Cycle, Minat Belajar, Aktivitas Siswa dan Guru

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter