Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Masri Masri

Abstract


Tujuan penelitian pada penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan pendekatan Constextual Teaching and Learning pada siswa Kelas VI SDN 010 Sari Mulya Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Subjek penelitian ini adalah  Siswa Kelas VI SDN 010 Sari Mulya Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Siswa berjumlah 22 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Dari dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) aktivitas guru dan siswa selama pelaksanaan proses pembelajaran dengan pendekatan CTL mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Pada aktivitas guru, siklus I pertemuan pertama persentase yang diperoleh 75% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 82,1%. Pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru meningkat menjadi 85,8% dan pada pertemuan kedua diperoleh 92,9%. Aktivitas siswa pada sikus I pertemuan pertama adalah 60,7% meningkat ke pertemuan kedua menjadi 67,9%. Pada siklus II pertemuan pertama persentase aktivitas siswa yang diperoleh adalah 82,1% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 89,3%. 2) Hasil belajar menggunakan pendekatan CTL mengalami peningkatan dari skor dasar ke siklus I dan siklus II, dimana secara klasikal ketuntasan yang didapat meningkat tiap siklus, dari ketuntasan klasikal skor dasar 40% meningkat menjadi 65% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pada ulangan siklus I rata-rata siswa meningkat 20,4% dari skor dasar 56,5 menjadi 68 pada siklus I. Pada siklus II meningkat 45,1% dari skor dasar menjadi 82 pada siklus II

Keywords


Constextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter