PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Yusmarni Kadir

Abstract


Penelitiian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan metode pembelajaran the power of two dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IX.E SMP Negeri 33 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX.E SMP Negeri 33 Pekanbaru pada semester genap tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dimulai dari bulan Maret 2017 sampai dengan bulan April 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas IX.E SMP Negeri 33 Pekanbaru. Jumlah siswa 32 orang, terdiri dari 16 orang putra dan 16 orang putri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan metode pembelajaran the power of two dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IX.E SMP Negeri 33 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Hasil belajar sebelum PTK adalah 71.3 dengan ketuntasan individu 18 orang dan ketuntasan klasikal adalah 56.3%. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 adalah 78.8 dengan ketuntasan individu 28 orang dan ketuntasan klasikal adalah 857.5%. Hasil belajar siklus I pertemuan 2 adalah 80.3 dengan ketuntasan individu 29 orang dan ketuntasan klasikal adalah 90.6%. Hasil belajar siklus II pertemuan 3 adalah 81.9 dengan ketuntasan individu 30 orang dan ketuntasan klasikal adalah 93.8%. Hasil belajar siklus II pertemuan 4 adalah 85.0 dengan ketuntasan individu 31 orang dan ketuntasan klasikal adalah 96.9%

Keywords


The Power of Two, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter