PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang dilakukan di dalam kelas, guna memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-6 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini berjumlah 35 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2017. Penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII-6 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Rata-rata kelas sebelum PTK adalah 66.6 dengan kategori kurang. Pada siklus I memperoleh 74.0 dengan kategori cukup dan pada siklus II memperoleh 80.3 dengan kategori baik
Keywords
STAD, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10213
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.