PELAKSANAAN METODE DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Yuniarti Yuniarti

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini telah dilakukan di kelas VIII-7SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018 bulan Agustus 2017 sampai dengan September 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 12 Pekanbaru sebanyak 35 orang siswa yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 21 orang perempuan dengan kemampuan yang heterogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode debat aktif dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Sebelum PTK hasil belajar siswa adalah 73.1. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 80.3 dan pertemuan 2 adalah 83.4. Hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan 3 adalah 85.7 dan pertemuan 4 adalah 87.7. Sebelum PTK ketuntasan klasikal siswa adalah 62.9% dengan kategori tidak tuntas. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 85.7% dengan kategori tuntas dan pertemuan 2 adalah 91.4% dengan kategori tuntas. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus II pertemuan 3 dan 4 adalah 94.3% dengan kategori tuntas

Keywords


Debat Aktif, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter