PELAKSANAAN METODE DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini telah dilakukan di kelas VIII-7SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018 bulan Agustus 2017 sampai dengan September 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 12 Pekanbaru sebanyak 35 orang siswa yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 21 orang perempuan dengan kemampuan yang heterogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode debat aktif dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 12 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Sebelum PTK hasil belajar siswa adalah 73.1. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 80.3 dan pertemuan 2 adalah 83.4. Hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan 3 adalah 85.7 dan pertemuan 4 adalah 87.7. Sebelum PTK ketuntasan klasikal siswa adalah 62.9% dengan kategori tidak tuntas. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 85.7% dengan kategori tuntas dan pertemuan 2 adalah 91.4% dengan kategori tuntas. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus II pertemuan 3 dan 4 adalah 94.3% dengan kategori tuntas
Keywords
Debat Aktif, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.