PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn dirasa kurang. Siswa terlihat bosan di dalam mengikuti proses pembelajaran PKn sehingga membuat siswa sulit untuk memahami materi pelajaran PKn tersebut. Keadaan ini berdampak terhadap penurunan hasil belajar siswa. Ketuntasan klasikal siswa hanya mencapai 65.1%. Solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui penerapan metode problem solving. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-C SMP Negeri 40 Pekanbaru pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dimulai dari bulan September 2017 sampai dengan bulan Oktober 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas VII-C SMP Negeri 40 Pekanbaru. Jumlah siswa 43 orang, terdiri dari 24 orang putra dan 19 orang putri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini adalah penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VII-C SMP Negeri 40 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Hasil belajar sebelum PTK adalah 73.3 dengan kategori kurang. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 adalah 79.5 dengan kategori cukup dan pada pertemuan 2 sebesar 82.3 dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 3 hasil belajarnya sebesar 86.3 dengan kategori baik dan pada pertemuan 4 sebesar 87.7 dengan kategori baik. Ketuntasan klasikal sebelum PTK adalah 65.1%. Pada siklus I pertemuan 1 sebesar 86.0% dan pada pertemuan 2 sebesar 90.7%. Pada siklus II pertemuan 3 sebesar 93.0% dan pada pertemuan 4 sebesar 95.3%
Keywords
Problem Solving, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10199
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.