PENERAPAN METODE ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode round table dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IX.C SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX.C SMP Negeri 18 Pekanbaru yang berjumlah 40 orang siswa yaitu 16 orang siswa putra dan 24 orang siswa putri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil analisis data deskritif tentang hasil belajar siswa sebelum PTK yaitu 72.0. Setelah PTK pada siklus I sebesar 82.5. Pada siklus II sebesar 86.8. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode round table dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IX.C SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017
Keywords
Round Table, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10196
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.