PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 32 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-2 SMP Negeri 32 Pekanbaru pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dimulai dari bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan November 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 32 Pekanbaru. Jumlah siswa 45 orang, terdiri dari 24 orang putra dan 21 orang putri. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah pelaksanaan model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 32 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Ketuntasan klasikal sebelum PTK adalah 55.6% dengan kategori tidak tuntas. Pada siklus I pertemuan 1 sebesar 66.7% dengan kategori tidak tuntas dan pada pertemuan 2 sebesar 86.7% dengan kategori tuntas. Pada siklus II pertemuan 3 sebesar 88.9% dengan kategori tuntas dan pada pertemuan 4 sebesar 91.1% dengan kategori tuntas. Hasil belajar sebelum PTK adalah 71.6 dengan kategori kurang. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 adalah 76.7 dengan kategori cukup dan pada pertemuan 2 sebesar 79.1 dengan kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 3 hasil belajarnya sebesar 79.8 dengan kategori cukup dan pada pertemuan 4 sebesar 81.3 dengan kategori cukup
Keywords
Learning Cycle, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10193
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.