MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KELILING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 009 Pulau Panjang Hulu Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi melalui model pembelajaran kooperatif teknik keliling kelompok. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Untuk pengumpulan data, data aktifitas siswa dan guru dikumpulkan dengan cara pengamatan langsung di dalam kelas. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan cara memberikan tes atau ulangan harian kepada siswa. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis diperoleh bahwa data aktifitas siswa dan guru telah sesuai dengan perencanaan. Sedangkan analisis data tentang perkembangan nilai siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah tindakan. Dari analisis data tentang ketercapaian KKM diperoleh fakta bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM setelah adanya tindakan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif teknik keliling kelompok pada pelajaran Matematika dan Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Keywords
Kooperatif, Keliling Kelompok, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.