PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN AKTIVITAS SISWA DALAM PELAJARAN PAI TENTANG PRAKTEK SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR

Rusniah Rusniah

Abstract


Peningkatan Pemahaman dan Aktivitas Siswa dalam Pelajaran PAI Tentang Praktek Shalat dengan Menggunakan Media Gambar pada Kelas IV SD Negeri 006 Kota Baru Tahun Pelajaran 2016/2017”. Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar PAI melalui metode media gambar  pada kelas III SD Negeri 006 Kota Baru Tahun Pelajaran 2016/2017). Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas III SD Negeri 006 Kota Baru dengan dua siklus. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Media Gambar dapat  menuntaskan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal pada tahap pra siklus sebesar 47,6%, pada siklus I sebesar 71,42%, dan pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik mencapai 95 %. Nilai rata-rata hasil peserta didik juga mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu para tahap pra siklus sebesar 63, siklus I sebesar 73, dan pada siklus II naik menjadi 83. Hal ini berarti, target yang ditetapkan peneliti yaitu standar ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal mencapai  ≥ 90 % dan secara individual nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik  ≥  75 sudah tercapai. Aktivitas belajar peserta didik juga dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode media gambar. Dengan metode ini guru mudah merangsang keaktivan peserta didik melalui kerja sama antar kelompok.. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik ini dapat terlihat dari pra siklus, siklus I dan siklus II, secara berturut-turut sebesar: 50,00%, 70,00 % dan 85,00 %. Dengan begitu target yang ingin dicapai telah terpenuhi yaitu prosentase aktifitas peserta didik sebesar 80%. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran PAI melalui metode Media Gambar. Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru dan orang tua) untuk dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI

Keywords


Media Gambar, Praktek Shalat, Pemahaman

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter