PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN IPS

Ismadarwati Ismadarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Matematika dan Ilmu Pnegetahuan Sosial kelas V SD Negeri 004 Sungai Manau Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 39 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Pemberian motivasi dan penggunaan media yang tepat diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa tes dan lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar Matematika siswa mengalami peningkatan, siklus pertama 42,71% dan siklus kedua 69,30%. Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa mengalami peningkatan, siklus pertama 60,65% dan siklus kedua 71,13%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Negeri 004 Sungai Manau Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi

Keywords


Media, Hasil Belajar, Motivasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter