PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI PEKANBARU PROPINSI RIAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses pembelajaran bahasa Inggris di SMPN 6 Pekanbaru Propinsi Riau. Hal ini dideskripsikan dengan memfokuskan kepada kegiatan guru dalam proses pembelajaran, mulai dari tahap perencanaan, tahap pelakasanaan program, dan tahap mengevaluasi. Penelitian ini mengacu kepada pendekatan kualitatif dengan mengikuti langkah-langkah yang dikemukkan oleh Spradley. (1980) Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Peneliti juga mempunyai informasi yang dipilih berdasarkan kepada keleluasaan pengetahuan mereka tentang situasi dan kondisi latar penelitian. Banyak informasi ditambah sesuai dengan prinsip snowball (bola salju) untuk dapat mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Data dianalisis melalui tahap-tahap analisis kawasan, analisis taksonomi, dan analisis komponensial untuk menemukan tema penelitian. Data diperiksa dengan melakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan oleh teman sejawat melalui diskusi untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subtansi merancang perencanaan pembelajaran yang di buat oleh guru-guru bahasa inggris belum profesional. Berdasarkan temuan hasil penelitian, guru-guru bahasa inggris tidak membuat perencanaan dengan sendirinya. Mereka membuatnya bermacam-macam cara; mereka mencontek, memfoto kopi perencanaan pembelajaran guru sekolah lain. Hasilnya, dalam pelaksanaan dan eveluasi pembelajaran tentu saja tidak profesional. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru untuk meningkatkan pengetahuan terutama tentang langkah-langkah yang perlu dilaksanakan dalam pelaksanaan pengajaran, mulai dari tahap menyusun perencanaan, strategi penyampaian program, memilih metode yang efektif yang ditunjang dengan penggunaan media yang relevan dan mengadakan evaluasi sesuai dengan tahap-tahap pembelajaran itu sendiri, sehingga pelaksanaan pembelajaran mengacu kepada pencapaian tujuan, dan kepada kepala sekolah supaya berupaya untuk mengadakan adanya kurikulum yang baku, sehingga lebih membantu kepada tugas/jabatannya sebagai kepala sekolah dalam menjalankan supervisi pendidikan
Keywords
Perencanaan, Pelaksanaan, Eveluasi Pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.