PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IX-3 SMP Negeri 37 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX-3 SMP Negeri 37 Pekanbaru pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dimulai dari bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan November 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas IX-3 SMP Negeri 37 Pekanbaru. Jumlah siswa 42 orang, terdiri dari 23 orang putra dan 19 orang putri. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa berupa hasil belajar dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX-3 SMP Negeri 37 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Hasil belajar sebelum PTK adalah 72.6 dengan ketuntasan individu 26 orang dan ketuntasan klasikal adalah 61.9%. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 adalah 82.9 dengan ketuntasan individu 36 orang dan ketuntasan klasikal adalah 85.7%. Hasil belajar siklus I pertemuan 2 adalah 84.5 dengan ketuntasan individu 38 orang dan ketuntasan klasikal adalah 90.5%. Hasil belajar siklus II pertemuan 3 adalah 87.1 dengan ketuntasan individu 39 orang dan ketuntasan klasikal adalah 92.9%. Hasil belajar siklus II pertemuan 4 adalah 88.6 dengan ketuntasan individu 40 orang dan ketuntasan klasikal adalah 95.2%
Keywords
Kooperatif, Peta Konsep, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10163
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.