PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG SISWA
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 011 Pulau Mungkur Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Metode pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa adalah melalui pendekatan kontekstual dengan teknik objek langsung. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi yang dilakukan pada tes awal adalah 51,43 atau berkategori rendah. Kemampuan siswa dalam menulis puisi yang dilakukan pada siklus I adalah 68,90 atau berkategori rendah. Kemampuan siswa dalam menulis puisi yang dilakukan pada siklus II adalah 75,80 atau berkategori sedang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendekatan kontekstual dengan teknik objek langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa
Keywords
Kontekstual, Teknik Objek Langsung, Menulis Puisi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.