PENERAPAN METODE DISKUSI DAN TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DAN IPS

Yuni Suryanita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sains melalui penerapan metode diskusi dan umtuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan metode tanya jawab. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 019 Sei. Jering Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi yang terdiri dari 26 orang siswa yaitu 13 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus, dimana untuk setiap siklus nya dilakukan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil penelitian selama dua siklus untuk masing-masing mata pelajaran ternyata menunjukkan ada peningkatan terhadap hasil belajar siswa dari data awalnya. Pada data awalnya, siswa yang tuntas pada mata pelajaran Sains hanya 15 siswa sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 21 siswa dan pada siklus II seluruh siswa mendapatkan nilai diatas KKM atau tuntas. Sedangkan pada mata pelajaran IPS, pada data awalnya siswa yang tuntas hanya 10 siswa sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 22 siswa dan pada siklus II seluruh siswa sudah tuntas. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains dan IPS

Keywords


Metode Diskusi, Tanya Jawab, Sains, IPS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter