PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN TEKNIK SIMAK - ULANG - BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Nursyamzani Nursyamzani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 024 Bukit Raya Pekanbaru. Tingkat kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 024 Bukit Raya Pekanbaru masih rendah dan perlu diperbaiki agar kemampuan membaca siswa tersebut bisa meningkat. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan teknik simak-ulang-baca. Jumlah subjek penelitian ini adalah 40 siswa, 20 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari beberapa prosedur yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan evaluasi, 4) refleksi. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi selama mengadakan penelitian tindakan kelas ini selama dua siklus maka dapat dikatakan bahwa penerapan teknik simak-ulang-baca pada membaca permulaan menunjukkan hasil yang baik. Hal ini terbukti dari  kemampuan siswa kelas II SD Negeri 024 Bukit Raya dalam membaca permulaan mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata 67,55 tes awal, pada siklus I meningkat menjadi 70,05 dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 75,77 (kategori sedang). Hal ini berarti sudah mengalami peningkatan sebanyak 5,57. Siswa yang memperoleh nilai 70 secara individual berjumlah 37 siswa (92,50%) dan siswa yang belum tuntas berjumlah 3 siswa (7,50). Hal ini berarti ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah tercapai pada siklus II

Keywords


Teknik Simak-ulang-Baca, Membaca Permulaan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter