UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas III SD Negeri 003 Seberang Gunung Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi melalui metode penemuan pada materi pokok pecahan sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas III SD Negeri 003 Seberang Gunung Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 14 siswa, diantaranya 5 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan ini berhasil dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas III pada materi pokok pecahan sederhana. Ini terlihat dari persentase ketercapaian KKM untuk setiap indikatornya, dimana pada ulangan harian I siswa yang mencapai KKM pada indikator pertama ada 10 siswa (71,42%), pada indikator kedua ada 12 siswa (85,71%) siswa yang mencapai KKM, sedangkan pada indikator ketiga ada 13 siswa (92,85%) siswa yang mencapai KKM. Pada ulangan harian II siswa yang mencapai KKM meningkat dari ulangan harian I. Pada indikator pertama siswa yang mencapai KKM ada 12 siswa (85,71%), pada indikator kedua siswa yang mencapai KKM ada 13 siswa (92,85%) sedangkan pada indikator ketiga semua siswa (100%) telah mencapai KKM
Keywords
Metode Penemuan, Matematika
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i2.10139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.