SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol 19, No 1 (2021)

Pengujian Kegunaan Website E-learning Pada SMK Nurul Islam Cianjur Dengan Menggunakan Skala Sistem Usabilitas

Satria Budi, Achmad Fatkharrofiqi, Mahdi Abduillah, Ela Siti Laela

Abstract


Setelah datangnya pandemi covid-19 kami sebagai pengajar merasa kehilangan sosok kami di sekolah, dan siswa pun merasa kehilangan hak untuk mendapatkan ilmu dari sekolah, kami sebagai pengajar melakukan inisiatif untuk membuat website e-learning sendiri yang bernama SIPINTER. Karena aplikasi e-learning yang ada masih banyak kekurangannya terutama dengan kebutuhan di sekolah kami. Setelah kami mengadakan penelitian terhadap kebutuhan aplikasi, kami membuat aplikasi e-learning untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut meliputi penyampaian materi berupa text, gambar, dan video, ujian harian, UTS dan UAS yang langsung terintegrasi ke rapport. Untuk meminimalisir kelemahan dan tingkat usability website yang terjadi maka website SIPINTER perlu dievaluasi dan diperbaharui. Evaluasi yang dilakukan bertujuan agar website dapat berjalan dengan baik sehingga dapat memberikan informasi yang up to date dan realtime kepada siswa dan para tenaga pengajar. Pada penelitian ini evaluasi website SIPINTER dilakukan dengan mengukur dan menguji tampilan usability menggunakan instrumen System Usability Scale (SUS). Dengan menggunakan metode System Usability Scale nilai SUS sebesar 66.61 dapat diterima, dapat diterima, grade D, dan cukup baik. Artinya website SIPINTER memiliki kegunaan yang baik dan layak untuk diakses pengunjung.