ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEMUDAHAN DAN MANFAAT TERHADAP PENERIMAAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI DATA POKOK PENDIDIKAN DASAR (Studi Kasus : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar)

Nurmaini Dalimunthe, Astuti Meflinda, Syahrul Azmi

Abstract


Sistem Informasi Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) merupakan sistem informasi pengolahan data pendidikan dasar yang digunakan oleh setiap operator sekolah pendidikan dasar.Dalam penggunaan sistem informasi Dapodikdas ini masih ada pengguna yang belum mengetahui kemudahan dan manfaat yang ada pada sistem. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor kemudahan dan manfaat terhadap penerimaan pengguna Sistem Informasi Dapodikdas dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan tiga variabel yang dimodifikasi, yaitu Perceived Ease of Use (PEOU) dan Perceived Usefulness (PU) sebagai variabel independen sedangkan Acceptance of IT sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 85 orang operator. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan pengguna terhadap penerapan Sistem Informasi Dapodikdas sebesar 33,5 % dipengaruhi oleh faktor kemudahan (perceived ease of use) dan manfaat (perceived usefulness) dengan hubungannya tergolong cukup berarti sebesar 59,3% . Hal ini dapat membuktikan bahwa apabila nilai dari faktor kemudahan dan manfaat meningkat, maka penerimaan pengguna terhadap teknologi informasi / sistem informasi akan meningkat.

Keywords


Kemudahan, Manfaat,Sistem Informasi Dapodikdas,Technology Acceptance Model.

Full Text:

PDF

References


Hartono, (2008), “SPSS 16 Analisis Data Penelitian Dan Statistika”. Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Jogianto, (2007), “Sistem Informasi Keperilakuan”. Edisi Revisi. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Kartika, S, (2009), “Analisis Proses Penerimaan Sistem Informasi Icons Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Pada Karyawan PT.Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk”. Jurnal. Universitas Diponegoro, Semarang.

Kemdikbud, (2013), “Manual Aplikasi DAPODIKDAS 2013”. Kemdikbud, Jakarta.

Oktavianti, Bramantika, (2007), “Evaluasi Penerimaan Sistem Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Variabel Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Dan Perceived Enjoyment (studi kasus: di PT Sanggar Sarana Baja pada Departemen Accounting dan Marketing)”. Tesis. Program Studi Magister Sains Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Saputro, N, (2011), “Analisis Persepsi Penerapan Sistem Informasi Pada PT. Ups Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)”. Jurnal. Universitas Negeri Gorontalo,Gunadarma.

Sudarmanto, Gunawan, (2005), “Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS”. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Surachman, A, (2008), “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS) Terpadu Versi 3 Di Lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM)”.Jurnal Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v12i1.782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php