Analisis Efektivitas Mesin Pellet Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE)

Achmad Dani Syahfudin, Akhmad Wasiur Rizqi, Yanuar Pandu Negoro

Abstract


Hampir semua proses produksi di bidang manufaktur menggunakan mesin dan peralatan. Mesin berjalan lebih sering untuk memenuhi target produksi dan bahkan melebihi kapasitas, mengurangi efisiensi, memperpendek masa pakai dan membutuhkan penggantian komponen yang rusak. PT. CPI merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pakan ternak pertama di Indonesia. PT. CPI berkomitmen untuk menghasilkan pakan ternak berkualitas tinggi yang di dukung oleh proses produksi yang sangat baik. Salah satu kesalahan yang paling umum adalah kegagalan untuk mensirkulasikan pakan jadi (feed) ke mesin pellet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghilangkan kerugian yang besar akibat kegagalan mekanis. Metode yang digunakan adalah Overall Equipment Effectiveness (OEE). Cara ini adalah cara yang paling direkomendasikan untuk menghilangkan kerugian besar ini. Hasil perhitung nilai OEE 59,70%, menghasilkan rasio ketersediaan 82,84%, rasio efisiensi kinerja 75,04%, dan rasio kualitas produk 96,14%. peneliti menyimpulkan bahwa nilai efektivitas peralatan secara keseluruhan (OEE) masih jauh di bawah normal. Ini berarti bahwa efisiensi mesin pelet berada dalam kategori yang tidak dapat diterima, kerugian ekonomi tidak masuk akal dan dapat dipandang sangat tidak kompetitif. Oleh karena itu diperlukan perbaikan untuk memperluas kelayakan mesin pellet dalam proses produksi perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Sistem Dan Industri, Vol. 3, No. 01, Pp. 36–46, May 2022, Doi: 10.35261/Gijtsi.V3i01.6530.

H. Pardamean Sibuea, “Implementasi Total Productive Maintenance Dengan Metode Overall Equipment Effectiveness (Oee) Pada Pt Mechmar Jaya Industri,” 2022. [Online]. Available: Https://Journal.Iteba.Ac.Id/Index.Php/Journalenterprise

H. Winarno And F. Ferdiansyah, “Analisis Efektifitas Mesin Roughing Mill Dengan Metode Overall Equipment Effectiveness (Oee),” Journal Industrial Manufacturing, Vol. 3, No. 2, Pp. 67–78, 2018.

M. P. Cattleya Islami And J. Timur Jl Raya Rungkut Madya, “Analisis Efektifitas Mesin Maspack Dengan Metode Overall Equipment Effectiveness Di Pt. Mitrapak Eramandiri Surabaya,” Surabaya, Feb. 2022.

A. Nuryono, “Analisis Efektifitas Kinerja Excavator Pada Aktifitas Ob Removal Penambangan Batubara Menggunakan Metode Oee,” Journal Industrial Manufacturing, Vol. 3, No. 2, Pp. 79–88, 2018.

A. Purbasari And A. Salim, “Penilaian Efektivitas Pada Mesin Daich Dengan Metode Overall Equipment Effectivenes (Oee) Di Pt Ub,” Vol. 9, No. 2, 2021.

I. K. Wardani, F. T. Dwi Atmaji, And J. Alhilman, “Pengukuran Dan Analisa Efektivitas Mesin Pencetak Paving Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (Oee),” Journal Industrial Servicess, Vol. 7, No. 1, P. 125, Nov. 2021, Doi: 10.36055/Jiss.V7i1.12336.

R. Miftahul Jannah And A. Nalhadi, Seminar Nasional Riset Terapan, Vol. 25. 2017.

R. Fitriadi Et Al., Analisa Perbaikan Mesin Cnc Ma-1 Dengan Menggunakan Analisa Perbaikan Mesin Cnc Ma-1 Dengan Menggunakan Indikator Kinerja Overall Equipment Effectiveness (Oee). 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v20i1.19295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php