Optimalisasi Capaian Pembelajaran Matakuliah Berbasis Pemrograman Melalui Media E-Learning

Ratna Dewi, Silfia Rifka, Rikki Vitria, Uzma Septima, Ramiati Ramiati

Abstract


Pandemik Covid-19 yang dialami seluruh dunia saat ini termasuk Indonesia, memaksa pembelajaran dilakukan secara daring atau e-learning termasuk pada Politeknik Negeri Padang. Dengan kendala yang ada pada mahasiswa sebagai peserta didik dalam sistem pembelajaran ini yaitu kendala dalam mengakses sistem melalui jaringan internet dan belum semua mahasiswa memiliki perangkat komputer yang dibutuhkan dalam mengaplikasikan matakuliah berbasis pemrograman. Agar capaian pembelajaran tetap bisa dicapai secara optimal maka dalam penelitian ini dibuat web untuk sistem pembelajaran daring atau e-learning. Dari hasil penggunaan web ini 82,9 % mahasiswa memahami materi yang ditayangkan dalam web tersebut dan sebagain besar mahasiswa menginginkan materi dalam bentuk video offline sehingga dapat digunakan setiap saat.

Full Text:

PDF

References


E. Kuntarto, “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi,” J. Indones. Lang. Educ. Lit., vol. 3, no. 1, pp. 53–65, 2017.

R. Ramadhan, U. A. Chaeruman, and C. Kustandi, “Jurnal Pembelajaran Inovatif Pengembangan Pembelajaran Bauran ( Blended Learning ) di Universitas Negeri Jakarta,” J. Pembelajaran Inov., vol. 1, no. 1, pp. 37–48, 2018.

N. L. Khusniyah and L. Hakim, “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris,” J. Tatsqif, vol. 17, no. 1, pp. 19–33, 2019.

M. A. Almaiah and I. Y. Alyoussef, “Analysis of the Effect of Course Design, Course Content Support, Course Assessment and Instructor Characteristics on the Actual Use of E-Learning System,” IEEE Access, vol. 7, pp. 171907–171922, 2019.

O. I. Handarini and S. S. Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 8, no. 3, pp. 496–503, 2020.

A. Sadikin and H. Afreni, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” BIODIK J. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 06, no. 02, pp. 212–224, 2020.

J. P. Vagarinho and M. Llamas-Nistal, “Process-Oriented Quality in e-Learning: A Proposal for a Global Model,” IEEE Access, vol. 8, pp. 13710–13734, 2020.

e-learning Concepts, Trends, Applications. San Francisco: Epignosis LLC, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v18i1.11628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sains dan Teknologi Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php