Manajemen Kebutuhan Ruang Parkir Kampus (Studi Kasus: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau)

Syaifullah Syaifullah, Hasdi Radiles, Tengku Khairil Ahsyar

Abstract


            Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau merupakan pusat aktivitas perkuliahan sarjana (S1) yang memiliki visi dan misi menjadi World Class University di tahun 2023. Salah satu fakultas favorit yakni Fakultas Sains dan Teknologi (FST) yang telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Tingginya peningkatan populasi mahasiswa dari tahun ke tahun menjadi isu penting untuk melakukan investigasi tentang kesiapan prasarana parkir di lingkungan FST. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manfaat metode Satuan Ruang Parkir (SRP) dalam mengatasi permasalahan parkir di lingkungan FST dengan memodifikasi parameter populasi civitas akademika dalam memperkirakan kebutuhan parkir maksimum. Hasil penelitian ini adalah dengan memanfaatkan lahan area terbuka disekitar kampus hanya mampu memberikan pelayanan kepada 948 sepeda motor atau sekitar 75% dari kebutuhan SRP sepeda motor. Solusi untuk membangun gedung parkir ataupun dengan melakukan kebijakan parkir sangat dibutuhkan dalam mengatasi permasalahan parkir di lingkungan FST.


Full Text:

PDF

References


Abdelfatah, A. S., & Taha, M. A. (2014). Parking capacity optimization using linear programming. Journal of traffic and logistics engineering, 2(3).

Alamsyah, W., & Purwandito, M. (2015). Studi Ruang Parkir Universitas Samudra Kampus Meurandeh. Jurutera, 2(01), 11-18..

Primasari, D. W., Ernawati, J., & Wicaksono, A. D. (2013). Pemilihan moda transportasi ke kampus oleh mahasiswa Universitas Brawijaya. The Indonesian Green Technology Journal, 2(2), 84-93.

Tarigan, E., & Ariani, D. W. (2014). Evaluasi Tata Letak (Layout) dan Kapasitas Parkir Kendaraan Sepeda Motor di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Kampus III Gedung Bonaventura. Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Widhiastuti, R., & Priyadi, E. (2013). Evaluasi Dan Analisis Kebutuhan Ruang Parkir Di Kampus Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Teknik Sipil, 13(1).

Anonymous, Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir, Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota-Dirjen Perhubungan Darat, Jakarta.

Montgomery, D. C., Runger, G. C., & Hubele, N. F. (2009). Engineering statistics. John Wiley & Sons..

Harsono, A. (2008). Metode Analisis Akar Masalah dan Solusi. Makara, Sosial Humaniora, 12(2), 72-81..

Anonymous. (2008). Mastering Online Discussion Board Facilitation-Resource Guide. TeacherStream, LLC.

Paramita, A., & Kristiana, L. (2013). Teknik Focus Group Discussion Dalam Penelitian Kualitatif. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(2), 20840..

DeLancey, C. (2018). A Concise Introduction to Logic.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v18i1.10607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Sains dan Teknologi Industri




Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2023 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php