Analisis Sistem Penentuan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

siti mona lisa

Abstract


Pemberian beasiswa kepada anak berprestasi yang berasal dari keluarga dengan kelas ekonomi lemah oleh IJF Rumah Zakat Pekanbaru adalah salah satu program rutin lembaga yang setiap tahunnya dilakukan dengan seleksi secara manual sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Proses seleksi ini membutuhkan waktu, pikiran maupun tenaga. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem untuk bekerja lebih cepat dalam pengambilan keputusan. Analisis sistem menggunakan metode simple additive weighting (SAW). Metode SAW termasuk dalam kategori metode Fuzzy Multi Atribut Decision Making (FMADM) yang dapat memfasilitasi penentuan keputusan dengan banyak criteria.

Adapun kriteria yang menjadi ukuran penentuan beasiswa antara lain, penghasilan orangtua, nilai rapor, tanggungan orangtua, jumlah saudara dan kelas penerimaan beasiswa. Setiap kriteria yang menjadi parameter tersebut ditentukan rating kepentingan dan derajat kecocokannya pada setiap alternatif (calon penerima beasiswa), selanjutnya dinormalisasi dan dikalikan dengan bobot preferensi setiap kriteria. Proses terakhir adalah perangkingan dimana nilai total tertinggi merupakan alternatif terbaik. Hasil akhir dari penelitian ini berupa analisis sistem penentuan penerimaan beasiswa sehingga memungkinkan Head Officer dalam memutuskan siapa anak juara yang paling berhak mendapatkan beasiswa

Keywords


Analisis, Sistem, Metode SAW, Beasiswa, rumah zakat

Full Text:

PDF

References


Al Fatta,Hanif. Analisis dan Perancangan Sistem informasi untuk keunggulan bersaing Perusahaan dan Organisasi, Yogyakarta: CV Andi Offset. 2007.

Eniyati Sri. Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, Volume 16,NO,2,Juli 2011 : 171-176.

Kadir, Abdul. Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi, 2003.

Kusumadewi, Sri,dkk. Fuzzy Multi Attribute Decision Making, Yogyakarta: Graha Ilmu. 2006.

Turban, Efraim, Jay E Aronson dan Ting Peng Liang. Decision Support Systems and Intelligent Systems . 7th Edition. New Jersey: Prentice-Hall. 2005.

Yohana Dewi Lulu W,dkk. Sistem Pedukung Keputusan untuk Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Studi Kasus PT. Pertamina RU II Dumai .Diakses tanggal 12/05/2014 Pukul 21:33.2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v12i2.1004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Sains dan Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial Address:
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sitekin@uin-suska.ac.id
© 2015 SITEKIN, ISSN 2407-0939

SITEKIN Journal Indexing:

Google Scholar | Garuda | Moraref | IndexCopernicus | SINTA


Creative Commons License
SITEKIN by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php