Peran Konflik Peran Ganda Terhadap Spiritualitas Di Tempat Kerja Pada Guru Wanita Sekolah Dasar Negeri (SDN) Di Jakarta
Abstract
Profesi sebagai seorang guru SD memiliki tantangan bagi guru wanita yang harus berperan sebagai pendidik yang baik dan berkualitas begitupula dengan perannya sebagai seorang ibu dan istri di rumah. Tugas-tugas rumah tangga dan pekerjaan membuat guru wanita menghadapi konflik peran ganda. Pekerjaan merupakan salah satu upaya untuk mencapai aktualisasi diri, sehingga penting untuk memaknai pekerjaan yang sedang dilakukan sebagai seorang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran konflik peran ganda terhadap spiritualitas di tempat kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner konflik peran ganda dan spiritualitas di tempat kerja. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 394 orang. Teknik analisa yang digunakan terdiri dari analisa deskriptif dan multiple regression. Hasil diperolah konflik peran ganda berada dalam kategori rendah, sedangkan spiritualitas di tempat kerja di kategori tinggi. Konflik peran ganda memiliki pengaruh sebesar 20.7 % terhadap spiritualitas di tempat kerja. Strain based conflict merupakan dimensi konflik peran ganda yang paling dapat memprediksi spiritualitas di tempat kerja diikuti dengan behavior based conflict. Namun, time based conflict tidak memiliki peranan signifikan terhadap spiritualitas di tempat kerja.
Kata Kunci: konflik peran ganda; spiritualitas di tempat kerja; guru wanita.