Efikasi Diri Akademik dan Resiliensi pada Mahasiswa
Abstract
Mahasiswa dalam menjalani perkuliahan di perguruan tinggi tentunya akan menghadapi masalah. Resiliensi diperlukan bagi mahasiswa agar memiliki kemampuan adaptasi terhadap situasi yang berat dan mengatasi tantangan serta permasalahan-permasalan baik dalam bangku perkuliahan maupun kehidupan pribadinya. Selain itu, diperlukan juga academic self-efficacy dalam diri mahasiswa agar dirinya mampu untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya yang berhubungan dengan kegiatan perkuliahan dan performansi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris peran efikasi diri akademik terhadap resiliensi pada mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 146 mahasiswa (41,1% laki-laki dan 58,9% perempuan) dari sejumlah perguruan tinggi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dengan rerata usia 20 tahun (SD = 1,41). Resiliensi dalam penelitian ini diukur menggunakan Skala Resiliensi yang diadaptasi dan diterjemahkan dari The 14-Item Resilience Scale (RS-14), sedangkan efikasi diri akademik diukur menggunakan Skala Efikasi Diri Akademik. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, t-test, korelasi Pearson, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri akademik memiliki peran yang signifikan dalam memprediksi resiliensi pada mahasiswa. Beberapa saran dan rekomendasi berdasarkan temuan penelitian didiskusikan.
Kata Kunci: resiliensi, efikasi diri akademik, mahasiswa
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W. H. Freeman and company.
Diansyah, F. (2012). Perbedaan efikasi diri akademik pada mahasiswa tingkat awal dan tingkat akhir. Skripsi (tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, Depok, Indonesia.
DiBenedetto, M.K., & Bembenutty, H. (2013). Within the pipeline: Self-regulated learning, self-efficacy, and socialization among college students in science courses. Learning and Individual Differences, 23, 218-224. doi: 10.1016/j.lindif.2012.09.015
Eisenberg, N., Guthrie, I. K., Cumberland, A., & Murphy, B. C. (2002). Prosocial development in early adulthood: A longitudinal study. Journal of Personality and Social Psychology, 82(6), 993-1006. doi: 10.1037/0022-3514.82.6.993
Ganda, Y. (2004). Cara mahasiswa belajar di perguruan tinggi. Jakarta: PT. Gramedia Widia Indonesia.
Garza, K. K., Bain, S. F., & Kupczynski, L. (2014). Resiliency, self-efficacy, and persistence of collage seniors in higher education. Research in Higher Education Journal, 26, 1-19.
Keye, M. D., & Pidgeon, A. M. (2013). An investigation of the relationship between resilience, mindfulness, and academic self-efficacy. Open Journal of Social Sciences, 1(6), 1-4. doi: 10.4236/jss.2013.16001
Li, M., Eschenauer, R., & Yang, Y. (2013). Influence of efficacy and resilience on problem solving in United States, Taiwan, and China. Journal of Multicultural Counseling and Development, 41(3), 144-157. doi: 10.1002/j.2161-1912.2013.00033.x
Pajares, F., & Valiante, G. (2001). Gender differences in writing motivation and achievement of middle school student: A function of gender orientation? Contemporary Educational Psychology, 26(2), 366-381. doi: 10.1006/ceps.2000.1069
Ramdass, D., & Zimmerman, B. J. (2008). Effects of self-correction strategy training on middle school students’ self-efficacy, self-evaluation, and mathematics division learning. Journal of Advance Academic, 20, 18-40. doi: 10.4219/jaa-2008-869
Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The resilience factor: 7 Essential skills for overcoming life’s inevitable obstacles. New York: Random House Inc.
Sagone, E., & Caroli, M. E. D. (2013). Relationship between resilience, self-efficacy, and thinking styles in Italian Middle Adolescents. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 92, 838-845. doi: 10.1016/j.sbspro.2013.08.763
Santrock, J. W. (2008). Life-span development: Perkembangan masa hidup. Jakarta: Erlangga.
Siebert, A. (2005). The resiliency advantage: Master change, thrive under pressure and bounce back from setback. San Fransisco: Berret-Koehler Publisher Inc.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wagnild, G. M. (2009). The resilience scale user’s guide for the us english version of the resilience scale and the 14-item resilience scale (rs-14). Montana: The Resilience Center.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v16i2.9718
Refbacks
- There are currently no refbacks.
REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi
Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.