Peran Teacher Autonomy Support terhadap Engagement Siswa melalui Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Dasar

Meilani Rohinsa, surya Cahyadi, Achmad Djunaidi, Zulrizka Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah pemenuhan kebutuhan psikologis dasar memediasi pengaruh teacher autonomy support terhadap engagement. Responden dalam penelitian ini 213 siswa SMA (Wanita=126, 59.2%; M = 87, 40.8%). Usia responden antara 15-18 tahun dengan mean 15.41 (SD=0.53). Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner Autonomy support, Feeling I Have  dan Engagement. Data dianalisis dengan uji regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan pemenuhan kebutuhan psikologis dasar memediasi pengaruh teacher autonomy support terhadap engagement. Implikasi dari temuan ini bahwa guru harus menyadari bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan psikologis dasr yang dapat dipenuhi oleh perlakuan guru berupa autonomy support dan hal ini akan membentuk engagement siswa terhadapa aktivitas belajar di kelas.

Keyword

Teacher autonomy support, Pemenuhan kebutuhan psikologis dasar, Engagement




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v15i2.7423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

 

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155,
Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Kel. Tuahmadani, Kec. Tampan, Pekanbaru – Riau 28293

 

Indexed by

Creative Commons BY 4.0
Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi didistribusikan di bawah Lisensi CC BY 4.0.