Peran Pelatih Dalam Membimbing Atlet Tunagrahita Di Special Olympics Indonesia (Solna) Riau

Novera Famelia, Linda Aryani

Abstract


Penelitian kualitatif bertujuan untuk mengetahui peran pelatih dalam membimbing atlet tunagrahita di Special Olympic (SOlna) Riau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi sistematik. Teknik analsiis data pada penelitian ini mengkombinasikan anatara tekniuk analsisa fenomenologi yang telah dimodifikasi dengan metode Steviek-Colaizzi-Keen dari analsiis Moustakas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatih SOLna memiliki peranan yang sangat kompleks, yaitu bisa sebagai teman atau sahabat, orangtua atau keluarga, pendidik, perawat, dan dokter. Peran pelatih SOlna ini dadapat terlihat ketika melatih dan mendampingi atlet tunagrahita saat bertanding. Hasil penelitian ini menunkuukan bahwa peran peran pelatih SOLna dipengaruhi oleh strategi melatih, tugas pelatih, dan cara pelatih memotivasi atlet tnagrahita.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v7i1.5451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.