Pengaruh Membaca Al Fatihah Reflektif Intuitif terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Very Julianto, Ririn Indriyani, Muhammad Ma'ruf Munir, Chasunnah Sulantri, Siti Muridatul Hasanah

Abstract


Perasaan cemas berbicara di depan umum merupakan fenomena yang sering dialami oleh banyak orang, terutama pada mahasiswa ketika akan presentasi. Kecemasan ini sering menyebabkan mahasiswa menjadi gugup, sehingga berbicara menjadi terbata-bata. Salah satu cara untuk menurunkan tingkat kecemasan ini adalah dengan membaca Al Fatihahreflektif intuitif. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol desain pretest-postest. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling, jumlah subjek adalah 36 mahasiswa program studi psikologi UIN Sunan Kalijaga. Tingkat kecemasan mahasiswa diukur menggunakan skala DASS (Depression Anxiety Stress Scale). AnalisisIndependent Simple T-Testdiperoleh hasil nilai = 2.049 dan sig = 0.049menunjukkan bahwa hipotesis diterima, artinya ada pengaruh membaca Al Fatihah reflektif intuitif terhadap tingkat penurunan kecemasan berbicara di depan umum pada Mahasiswa Progam Studi Psikologi UIN Sunan Kalijaga.

 

Kata kunci :  Al Qur’an, kecemasan, Al Fatihah, Reflektif Intuitif


References


Ahan, S. A. (2009). Pesona Manusia Faatihah. Yogyakarta : Garailmu

Ahmad, I. H. (2011). Ketentraman Jiwa dalam Perspektif Al Ghazali. Jurnal Substantia 12(1) 115-125.

Al Qardhawi, Y. (2000). Bagaimana Berinteraksi Dengan Al-Qur’an Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Albummy, D. A. (2001). Menatap Akhlaqush Shufiyah. Surabaya: Pustaka Hikmah Perdana.

Ash-Shabuni, M. A. (2005). Indahnya Kerlip Cahaya Al Qur’an. Bandung : Media Hidayah Publisher.

Atkinson, R.C. & Hilgard, E.R. (1996). Pengantar Psikologi. Jakarta : Erlangga

Badri, M. (1995). Taffakur Perspektif Psikologi Islam. Bandung: PT Rosda Karya.

Burgoon, M. & Ruffner, M. (1978). Human Communication. New York: Holt Rinehart and Winston.

Clerq, L. D. (1994).Tingkah Laku Abnormal : Ditinjau Dari Sudut Pandang Perkembangan. Jakarta : Grasindo.

Cybele, G, L., Frederico G, G., Cristina M, D, B. (2014). Experimental Public Speaking : Contribution To Understanding The Serotonergic Modulation Of Faer. Jurnal Neuroscience And Biobehavioral. 46(1) 407-417. http://dx.doi.org/10.1016/j.neubiorev.2014.09.011.

Damanik, D. E. (2006). Pengujian Realibilitas, Validitas, Analisis Item, dan Pembuatan Norma Depression, Anxiety and Stress Scale (DASS). http://www2.psy.unsw.edu.au/dass/Indonesian/Damanik%20Indonesian%20translation%20-%20Reliability.doc. Sabtu, 11 Juni 2016 pukul 05.00.

Daradjat, Z. (1969). Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.

_____. (2001). Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.

Deephaven, Nutraceuticals LLC. (2009). Symtomp Of Public Speeking Anxiety. Artikel Psikologi Online.

Fuad, I. (2014). Konsep tazkiyatun Nafs sebagai Upaya Mengembalikan Sakralitas Profesi Guru dalam Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal At Tajdid 3(2) 91-111.

Hariadi, S. (2014). Pengertian, Cara dan Makna Membacahttp://selamethariadi.com/pengertian-cara-dan-makna-membaca/ Minggu, 15 Mei 2016 pukul 18.29

Haryanthi, L. P. S., Tresniasari, N. (2012). Efektivitas Terapi Ego State Dalam Mengatasi Kecemasan Berbicara Di Depan Publik Pada Mahasiswa Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Insan 14(1) 32-40.

Hawari, D. (1997). Al-Quran Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: PT Dana Bhakti Prima Yasa.

_____. (1997). Do’a dan dzikir. Jakarta: Dana Bakti Primayasa.

Hayat, A. (2014). Kecemasan dan Metode Pengendaliannya. Jurnal Khazanah 12(1) 52-62.

Helena, O. (2010). Public Speaking. Jakarta: Indeks

Hudaniah & Dayaskini, T. (2003). Psikologi Sosial. Edisi Revisi. Malang: Penerbitan Universitas Muhammadiyah.

Hurlock. (1997). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Irvan. (2014). Konsep Ibadah dalam Al Qur’an Kajian Surat Al Fatihah Ayat 1-7. Skripsi

Iskandar. (2015). Penafsiran Sufistik Surat Al Fatihah dalam Tafsir Taj Al Muslimin dan Tafsir Al Iklil Karya KH Misbah Mustofa. Jurnal Fenomena 7(2) 189-200

Jalaluddin. (2001). Psikologi islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jaya, Y. (1994). Spiritualisasi Islam: Dalam Menumbuh Kembangkan Kepribadian dan Kesehatan Mental. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Julianto, V & Magda B. E. (2011). The Effect of Reciting Holy Qur’an toward Short term Memory Ability Analysed trought the Changing Brain Wave. Jurnal Psikologi38( 1) 17 – 29.

_____. (2015). Membaca Al Fatihah Reflektif Intuitif untuk Menurunkan Depresi dan Meningkatkan Imunitas. Jurnal Psikologi 42 (1) 34 – 46.

Kartono, K. (1981). Psikologi Abnormal. Bandung: Alumni Bandung.

KMFH. (2015). Pentingnya membaca Al Qur’an. http://kmfh.hukum.ugm.ac.id/2015/03/24/pentingnya-membaca-al-quran/ Kamis, 15 Desember 2016 pukul 11.24 WIB.

Lazarus, R. S. (1976). Pattern of Adjustment and Human Efectiveness. New York: Kogakusha McGraw Hill Book Company.

Lela, & Lukmawati. (2015). Ketenangan : Makna Dawamul Wudhu. Jurnal Psikologi Islam 1(2) 55-66.

Mahfud, A. (1999). Petunjuk Mengatasi Stres. Bandung : Sinar baru

Mukarom, R. (2011). Pengaruh Aktivitas Tadarus TerhadapKetenangan Siswa Mengikuti KegiatanBelajar Mengajar Di Kelas X Dan XIMadrasah Aliyah Nahdlatul UlamaTasikmalaya Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi

Maramis, W.E. (1995). Ilmu Kedokteran Jiwa. Cetakan V. Surabaya: AP. Airlangga

Muslimin, K. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Berbicara di Depan Umum : Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah INISNU Jepara. Jurnal Interaksi 2(2) 42-52.

Mustaqim, M. S. (2014). Tinjauan Pragmatik Al Fatihah Terjemahan Indonesia Versi Departemen Agama. Skripsi

Myers, A & Hansen, C.H. (2002). Experimental Psychology. 5th ed.USA : Wadsworth.

Najati, M. U. (2004). Al Qur`an dan Ilmu Jiwa. Bandung : Pustaka.

_____. (2005). Hadits dan Ilmu Jiwa. Bandung : Pustaka.

Neale, J.M. & Davidson, GC. (2001). Abnormal Psychology. New York : John Wiley & Sons

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene. B. I. (1997). Abnormal Psychology in a Changing World (Third Edition). Practice-Hall, Inc.

_____,_____, &_____. (2003). Psikologi Abnormal: Edisi ke 5 Jilid 1. Alih Bahasa oleh Tim Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Opt, S. K. & Loffredo, D. A. (2000). Rethinking Communication Apprehension: A Myers-Briggs Perspective.The Journal Psychology, 134 (5), 556-570.

Osborne, J. W. (2004). Kiat Berbicara di Depan Umum Untuk Eksekutif Jalan Menuju Keberhasilan. Jakarta: Bumi Aksara.

Pinel, J, P, J. (2009). Biopsikologi. Edisi Tujuh. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Pihasniwati. (2015). Dasar-dasar Intervensi Individu : Konseling dan Psikoterapi. (ed : I). Yogyakarta : Kurnia Global Diagnostika.

Prasetyono, D. S. (2005). Kiat Mengatasi Cemas dan Depresi. Yogyakarta: Tugu Publisher.

Reber, A. S. & Reber, E. S. (2010). Kamus Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rehalat, A. (2014). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 23(2) 1-10.

Ridlwan, B. (2014). Kelebihan Mempelajari Al Qur’an : Studi Relevansi dengan Teori Belajar. Jurnal Al Ta’dib 4(1) 47-68.

Rogers, N. (2008). Berani Bicara di Depan Publik, Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Nuansa.

Santoso, H. P. Raharjo, T. Sulystiani, H. D. Lukmantoro, T. & Rakhmad, W. D. (1998). Tingkat Kecemasan Komunikasi Mahasiswa Dalam Lingkup Akademis. Laporan Penelitian Komunikasi. Semarang:Universitas Diponegoro.

Semiun, Y. (2006). KesehatanMental 1. Penerbit Kanisius: Yogyakarta.

Shaugnessy, J. J., Zechmeister, E. B., & Zechmeister, J. S. (2006). Researchmethods in psychology. New York: McGraw Hill.

Soleh, I.(2014). Soft Skills Mahasiswa Prodi PJKR Bersubsidi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan Tahun 2010. Skripsi

Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Supratiknya, A.(1995). Mengenal Perilaku Abnormal. Yogyakarta : Kanisius.

Suryabrata, S. (2001). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanto, D. (2014). Dakwah melalui Layanan Psikoterapi Ruqyah Bagi Pasien Penderita Kesurupan. Jurnal Bimbingan Konseling Islam 5(2) 313-333.

Sutrisno., Karjanto, A. (2014). Peningkatan Soft Skill dan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Metodelogi Penelitian Melalui Pemebelajaran Model Learning Communication. Jurnal Teknologi dan Kejuruan 37(1) 35-38

Swasono, M. A. (2015). Hubungan antara Tingkat Religiusitas dengan Tingkat Stres pada Lansia Di Panti WredhaDharma Bhakti Surakarta. Skripsi

Syakur, A. (2007). Metode Ketenangan Jiwa : Suatu Perbandingan Antara Al Ghazali Dan Sigmund Freud. Jurnal Islamica 1(2)

Widyawati, S. (2011). Pengembangan Soft Skill Dalam Pendidikan Sebagai Bekal Kewirausahaan. Jurnal Seni Budaya, 9(1) 59-74

Wijaya, P. A., Hariani, B. S. (2015). Upaya Peningkatan Soft Skill Mahasiswa dalam Menghadapi Dunia Kerja. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi Edisi xiii 1-14

Xiaowei, S., Thomas M, B., Margaret M. (2015). The Relation Of Self Talk Frequency To Communication Apprehension And Public Speaking Anxiety. Jurnal Personality And Individual Differences75(1)125-129. http://dx.doi.org/10.1016/j.paid.2014.11.023




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v13i2.4299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.